[iklan]

Analisis Permohonan Kredit - dasar penilaian Bank

Analisis permohonan kredit terkait dengan calon debitur, langkah yang dilakukan bank sampai dengan menganalisis permohonan kredit.


1. Permohonan Kredit
Tahap pertama dalam pemberian kredit adalah pengajuan permohonan kredit oleh calon debitur.Permohonan ini bisa diajukan secara tertulis tetapi dalam prakteknya lebih banyak dilakukan secara lisan.

2. Pengumpulan data dan pengamatan jaminan.
Apabila permohonan kredit dinilai layak, maka pihak bank akan melakukan pengumpulan data lapangan baik menyangkut data pribadi maupun reputasi dan hal-hal lain yang berkaitan dengan
bisnis calon debitur.
3. Analisis kredit
Tahap yang paling menentukan dalam analisis dan pengambilan keputusan pemberian kredit adalah. penentuan layak atau tidak permohonan kredit calon debitur. Disini pihak bank dituntut obyektif dan konsisten atas hasil analisis dengan berpegang pada prinsip-prinsip kelayakan kredit.

Prinsip analisis kredit dalam dunia perbankan dikenal dengan konsep 5C, yaitu:
1. Character (Watak)
Karakter pemohon kredit dapat diperoleh dengan cara mengumpulkan informasi dari referensi nasabah dan bank-bank lain tentang perilaku, kejujuran, pergaulan, dan ketaatannya memenuhi pembayaran transaksi. Karakter yang baik jika ada keinginan untuk membayar kewajibannya.
2. Capacity (Kemampuan)
Kemampuan calon debitur perlu dianalisis apakah ia mampu memimpin perusahaan dengan baik dan benar. Kalau ia mampu meminpin perusahaan, ia akan dapat membayar pinjaman sesuai
dengan perjanjian dan perusahaannya tetap berdiri.
3. Capital (Modal)
Modal dari calon debitur harus dianalisis mengenai besar dan struktur modalnya yang terlihat dari neraca lajur perusahaan calon debitur.
4. Condition (Kondisi)
Analisis terhadap aspek ini meliputi analisis terhadap variabel makro yang melingkupi perusahaan baik variabel regiona1, nasional maupun internasional. Variabel yang diperhatikan terutama adalah variabel ekonomi.
5. Collateral (Jaminan)

Penilaian ini meliputi penilaian terhadap jaminan yang diberikan sebagai pengaman kredit yang diberikan bank. Penilaian tersebut meliputi kecenderungan nilai jaminan dimasa depan dan tingkat kemudahan mengkonversikannya menjadi uang tunai (Marketability). Selain konsep atau prinsip 5C tersebut diatas, dalam prakteknya bank juga seringkali menerapkan dasar penilaian lain yang sering disebut dengan prinsip 5P yaitu :
1. Personality
Bank mencari data tentang kepribadian calon debitur seperti riwayat hidupnya, hobi, keadaan keluarga, sosial standing, serta hal-hal lain yang erat hubungannya dengan kepribadian sipeminjam.
2. Purpose
Bank mencari data tentang tujuan atau keperluan penggunaan kredit.
3. Prospect
Bank mencari data tentang harapan masa depan dari bidang usaha atau kegiatan usaha si peminjam.
4. Payment
Bank mencari data tentang bagaimana perkiraan pembayaran kembali pinjaman yang akan diberikan.
5. Party
Party (golongan) dari calon-calon peminjam bank perlu menggolongkan calon debiturnya menjadi beberapa golongan menurut caracter, capacity dan capital. Penggolongan ini akan memberi arah analisis bank bagaimana ia harus bersikap.

Selain konsep atau prinsip 5C dan 5P bank juga menerapkan dasar penilaian lain yang sering disebut dengan prinsip 3R yaitu :
1. Return
Yaitu penilaian atas hasil yang akan dicapai oleh perusahaan calon peminjam setelah mendapatkan kredit, apakah hasil tersebut cukup untuk menutup hasil pinjaman serta sekaligus
memungkinkan pula usahanya untuk berkembang terus.
2. Repayment
Sebagai kelanjutan dari return diatas, yang kemudian diperhitungkan kemampuan, jadwal serta jangka waktu pengembalian kembali kredit.
3. Risk Bearing Activity
Yaitu sejauh mana ketahanan suatu perusahaan calon peminjam untuk menanggung resiko kegagalan andaikata terjadi suatu hal dikemudian hari yang tidak diinginkan.


Selengkapnya tentang Bank dan Perbankan klik disini
16 komentar
  1. Halo, aku Mrs. Iman, pemberi pinjaman swasta yang meminjamkan kesempatan waktu hidup. Apakah Anda perlu pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda atau Anda membutuhkan pinjaman untuk meningkatkan bisnis Anda? Anda telah ditolak oleh bank dan lembaga keuangan lainnya? Apakah Anda membutuhkan pinjaman konsolidasi atau hipotek? mencari lebih karena kita berada di sini untuk membuat semua masalah keuangan Anda sesuatu dari masa lalu. Pinjaman untuk individu yang membutuhkan bantuan keuangan, yang memiliki kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis pada tingkat 2%. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberitahu Anda bahwa kami memberikan bantuan handal dan penerima dan akan bersedia untuk menawarkan pinjaman. Jadi hubungi kami hari ini via email di: faithchristianloan@gmail.com

    BalasHapus
  2. Bagaimana cara mendapatkan pinjaman saya dengan bunga hanya 2% dari Ibu Veronica Simpson dari Ace Pinjaman Perusahaan.
    Aku butuh seratus ribu dolar untuk memulai bisnis. mencari kemana-mana dan semua saya bisa adalah scammer, sampai akhirnya saya bertemu dengan Ibu Veronica. yang memberi saya kata bahwa Ace Pinjaman Perusahaan adalah sebuah perusahaan pinjaman dijamin.
    Saya senang untuk mengatakan setelah 48 jam saya mendapat pinjaman dengan tingkat bunga hanya 2%. menggunakan posting ini untuk berterima kasih dan juga saya nasihat semua saudara-saudara saya Indonesia dan setiap tubuh yang membutuhkan pinjaman dijamin untuk bisnis Anda, mobil, rumah dll untuk menghubungi dia sekarang aceloancompany@gmail.com dan masalah keuangan Anda akan terpecahkan dan masalah akan menjadi sejarah seperti saya.

    BalasHapus
  3. Halo semua, saya ingin Anda untuk membantu saya berterima kasih kepada Tuhan karena telah menyelamatkan hidup saya melalui bantuan Mrs. Obi Esther. Saya sangat sakit di rumah sakit dengan demam typhod, dan saya tidak bisa membayar tagihan rumah sakit saya karena saya tidak memiliki Bill Rumah Sakit, jadi saya mengambil pinjaman di internet dan mereka meminta saya untuk membayar biaya, pajak, asuransi, dll , dan setelah pembayaran saya tidak mendapatkan pinjaman saya, mereka tertipu saya dan menipu saya, ini terjadi pada saya di 6 pemberi pinjaman yang berbeda di sini di internet, saya kemudian tahu bahwa mereka adalah scammers dan penipuan. Kondisi saya menjadi begitu penting dan saya berada di titik mati sebelum perawat di rumah sakit mengatakan kepada saya tentang di mana ia mengambil pinjaman dan itu nyata dan asli, dia memperkenalkan saya kepada Ibu Obi Esther, di mana saya mengajukan pinjaman 550 juta dengan tingkat 2% (2 persen), dan pinjaman disetujui tanpa agunan, saya hanya mendaftar dengan mereka becasue mereka mengatakan istilah perusahaan dan kondisi bahwa semua pelanggan harus mendaftar sebelum obtanining pinjaman, dan setelah pendaftaran saya mendapat pinjaman saya 2 jam setelah mereka mengkonfirmasi pendaftaran saya. Pinjaman ini dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa stres. Saya ingin memberitahu semua orang untuk membantu saya terima Mrs. Obi Esther untuk membantu saya dengan pinjaman yang menyelamatkan hidup saya. Pleae jika Anda sedang mencari untuk pinjaman di internet, Anda harus sangat berhati-hati, dan saya ingin saran Anda bahwa mereka begitu banyak cheater dan scammers di sini di internet. Aku akan saran Anda bahwa jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik menerapkan mana saya diterapkan yang asli dan nyata hanya dengan pendaftaran saja dan tidak ada jaminan. hubungi Ibu Obi Esther jika Anda memerlukan pinjaman asli dan benar tanpa scammed atau ditipu, email nya obi.loanfirm@gmail.com. dan Anda juga dapat menghubungi saya di email saya di ivhaandriani@gmail.com. Tuhan memberkati kalian semua

    BalasHapus
  4. Mengingat banyak penipuan yang sekarang dalam pinjaman antara tertentu, saya memberitahu Anda bahwa banyak tindakan pencegahan telah diambil untuk memastikan dan menjamin orang-orang yang membuat aplikasi pinjaman.

    Tingkat bunga saya adalah unik dan tidak bisa ditawar, ditetapkan pada 3% dari total nilai yang diminta.

    Saya juga akan meminta Anda untuk membayar perhatian dekat dengan penawaran karena hampir semua orang dengan siapa aku datang ke dalam kontak telah menjadi korban penipuan.

    Penipuan ini telah begitu berkembang ke titik yang bahkan saluran TV berbicara (M6 dan saluran lain)

    Tawaran saya serius, Anda mungkin menyadari melalui prosedur yang merupakan prosedur hukum pemberian pinjaman antara tertentu.

    Rahmat Saya akan dihubungi oleh orang-orang yang serius, bisa membayar kembali pinjaman.

    Pembayaran mulai lima bulan setelah dana ditransfer.

    Jika Anda tertarik hubungi saya: irreraconcetta83@gmail.com

    BalasHapus
  5. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!
    Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Mrs. Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
    chloemorrisloanfirm@gmail.com atau chloemorrisonloan@financier.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui:

    BalasHapus
  6. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  7. Halo

    Aku Mr Alimin Muhammad pemberi pinjaman pinjaman muslin, saya CEO Alimin MUHAMMAD PERUSAHAAN PINJAMAN kami menawarkan pinjaman pribadi dan bisnis untuk mereka yang membutuhkan pinjaman aman tanpa penundaan Kami adalah 100% stres jaminan bebas pada tingkat bunga 3% HUBUNGI KAMI VIA aliminmuhammadloancompany@gmail.com Dan mendapatkan pinjaman Anda hari ini tanpa stres aliminmuhammadloancompany@gmail.com Balas

    BalasHapus
  8. KABAR BAIK !!! KABAR BAIK !!! KABAR BAIK!!!
    Nama saya adalah Purti Hamzah, tinggal di Indonesia, saya seorang Muslim yang taat Saya ingin menggunakan
    media ini untuk mengingatkan semua orang mencari pinjaman untuk berhati-hati tentang penipu karena mereka di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya finansial turun, dan karena kebutuhan saya, putus asa dan kemiskinan, saya telah scammed oleh beberapa perusahaan pinjaman yang disebut online. Saya kehilangan harapan tidak sampai seorang teman saya merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu .Chloe Morris yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari $ 57.000 dalam 24 jam tanpa tekanan, pada awalnya itu seperti mimpi bagi saya sampai saya melihat peringatan dari angsuran pertama saya 2 jam setelah saya diterapkan. Saya mendorong sesama Indonesia yang membutuhkan pinjaman untuk menyenangkan menghubungi Ibu Chloe melalui:
    chloemorrisloanfirm@gmail.com
    Hati-hati! Anda juga dapat menghubungi saya untuk informasi lebih lanjut melalui: purtihamzah@gmail.com

    BalasHapus
  9. PERHATIAN! PERHATIAN !! PERHATIAN !!!
    Halo, saya tina morgan CEO perusahaan pinjaman tina morgan. pemberi pinjaman pinjaman pribadi. kami menawarkan pinjaman untuk membangun bisnis Anda, jika Anda membutuhkan pinjaman mendesak untuk melunasi utang Anda, Anda telah ditolak oleh bank dan lain keuangan
    lembaga? mencari lagi, karena kami berada di sini untuk membuat semua keuangan Anda
    masalah sesuatu dari masa lalu. Kami meminjamkan uang kepada orang yang membutuhkan bantuan keuangan pada tingkat bunga rendah dari 2%, kesempatan waktu hidup pinjaman. kami menyediakan penerima handal dan bantuan dan akan bersedia untuk menawarkan loans.contact kami melalui email: tinamorganloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  10. jangan Anda memiliki semua jenis kesulitan keuangan? Anda Perlu pinjaman untuk melunasi utang? adalah Anda dalam krisis keuangan? mempercayai kami untuk memperlakukan semua jenis pinjaman, lihat di bawah. Kami terdaftar dan
    Perusahaan berwenang untuk mengeluarkan pinjaman sebesar 2%, dengan durasi minimal 6 bulan dan durasi maksimal 30 tahun.
    Kami memberikan pinjaman untuk minimum pada tahun 2000 sampai maksimal 50 juta.
    menawarkan layanan yang berbeda BAWAH *
    Pinjaman Pribadi (Aman dan Tanpa Jaminan)
    * Kredit Usaha (Tanpa Jaminan Aman dan)
    * Perbaikan rumah
    * Inventor Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Pernikahan Mortgage
    * Kesehatan Pinjaman, dll
    Jadi .. jika Anda tertarik, silakan kembali ke kami melalui email kami tommicheal02@gmail.com
    Allah segala sesuatu mungkin

    BalasHapus
  11. kamu pergi mencari tawaran pinjaman tertentu? Mungkin pemberi pinjaman yang sah untuk pinjaman yang besar, atau pinjaman murah dan cepat pada kadar 2% setahun untuk membayar bil kecemasan dan hutang? hubungi kami sekarang, (financialassuranceloans@gmail.com, financialassuranceloans@accountant.com)

    BalasHapus
  12. kamu pergi mencari tawaran pinjaman tertentu? Mungkin pemberi pinjaman yang sah untuk pinjaman yang besar, atau pinjaman murah dan cepat pada kadar 2% setahun untuk membayar bil kecemasan dan hutang? hubungi kami sekarang, (financialassuranceloans@gmail.com, financialassuranceloans@accountant.com)

    BalasHapus
  13. harap bersabar dengan semua ibu mencoba untuk memperbarui dan mengaudit status akun ibu, jadi kita tahu apa yang kita miliki sehingga kita bisa dicairkan, tapi liburan

    BalasHapus
  14. selamat hari untuk semua orang di Indonesia dan juga untuk semua di Asia, nama saya Ny. Fatimah fahariah, saya ingin membagikan kesaksian hidup saya di sini di internet untuk semua warga negara Indonesia dan seluruh Asia untuk berhati-hati dengan pemberi pinjaman internet, Allah dukung saya melalui ibu yang baik, Ny. KARINA

    Setelah periode mencoba mendapatkan pinjaman dari lembaga keuangan, dan ditolak sepanjang waktu, jadi saya memutuskan untuk mendaftar melalui pinjaman online tetapi saya ditipu dan saya mengganti Rp. 17.000.000 dengan pemberi pinjaman yang berbeda.

    Saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman, jadi saya berdiskusi dengan teman saya yang kemudian mengatakan kepada saya untuk menghubungi MRS KARINA, yang adalah pemilik PERUSAHAAN PINJAMAN KARINA ROLAND, jadi teman saya meminta saya untuk meminta permintaan dari Ibu KARINA , jadi saya mengumpulkan perjanjian dan menghubungi Ny. KARINA

    Saya meminta pinjaman sebesar Rp.800.000.000 dengan bunga 2%, jadi saya mendapat pinjaman dengan mudah tanpa tekanan dan semuanya dilakukan dengan kredit transfer, karena tidak memerlukan jaminan dan jaminan untuk transfer. pinjaman. Saya hanya setuju untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi aplikasi mereka. untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari satu jam uang telah disetorkan ke rekening bank saya.

    Saya pikir itu lelucon sampai saya menerima telepon dari bank saya bahwa akun saya dikreditkan dengan jumlah Rp. 800.000.000. Saya sangat senang karena ALLAH akhirnya menjawab doa saya dengan memberi saya permintaan hati saya.

    Semoga ALLAH memberkati MRS KARINA karena membuat hidup saya mudah, jadi saya meminta siapa pun yang tertarik mendapatkan pinjaman untuk dapat menghubungi MRS KARINA melalui email: karinarolandloancompany@gmail.com untuk pinjaman Anda atau whatsapp +1 (585) 708-3478

    Akhirnya, saya ingin berterima kasih kepada Anda semua karena telah meluangkan waktu untuk membaca kesaksian hidup saya tentang kesuksesan saya dan saya berdoa agar ALLAH akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda juga.

    BalasHapus
  15. tekt miring | TEKS TEBAL

    [img]https://3.bp.blogspot.com/-k4Z1bGEbd_Q/UFxwp4C36XI/AAAAAAAADmc/t2p40jpmIkg/s120/besi+nako.jpg[/img]

    [youtube]https://www.youtube.com/watch?list=PLORQNvDdGpeEzpB7_UEsCVC-5XJ1Y-nFz&v=bZCPUKqUflY[/youtube]

    BalasHapus
  16. [youtube]www.youtube.com/watch?v=EOAEfONc2vU[/youtube]

    BalasHapus


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE