[iklan]

Hambatan Dalam Mengatasi Masalah Sosial

Mengatasi masalah sosial memang tidak mudah, karena ada banyak hambatan yang bisa muncul dalam prosesnya. Salah satu hambatan yang sering terjadi adalah ketidaktepatan dalam penyaluran bantuan. Kadang-kadang orang yang tidak membutuhkan justru yang mendapat bantuan, sedangkan yang benar-benar membutuhkan tidak mendapat bantuan sama sekali. Selain itu, program yang dilakukan oleh pemerintah seringkali tidak merata ke seluruh daerah. Akibatnya, daerah yang membutuhkan bantuan sering terlupakan. Selain itu, kurang disiplinnya petugas dalam menyalurkan bantuan juga menjadi salah satu hambatan dalam mengatasi masalah sosial. Oleh karena itu, diperlukan upaya yang serius dan komitmen yang tinggi dari semua pihak untuk mengatasi masalah sosial agar bantuan yang disalurkan tepat sasaran dan tidak ada yang terabaikan. Selain itu perlu juga memperhatikan solusi tuntas untuk mengatasi masalah ini, yakni solusi yang diajarkan oleh Rasulullah, karena beliau mendapat petunjuk dari Yang Menciptakan Manusia. Tinggal apakah kita mau masalah kita selesai secara tuntas atau tidak. Itu.


Dalam mengatasi masalah sosial ternyata terdapat banyak hambatan.
Beberapa contoh hambatan dalam upaya mengatasi masalah sosial, antara lain:

1. Berbagai bantuan dari pemerintah kadang-kadang tidak tepat sasaran.
Contohnya orang yang mampu mendapat bantuan sedangkan yang miskin tidak mendapat bantuan.
2. Program yang dilakukan tidak merata ke seluruh daerah.
3. Kurang disiplinnya petugas dalam menyalurkan bantuan pemerintah.
4. Terdapat pihak-pihak yang menyalahgunakan bantuan dari pemerintah maupun luar negeri.
5. Kurang kerja sama dari masyarakat yang mengalami masalah sosial terhadap pemerintah.
6. Penyuluhan maupun pelatihan keterampilan yang diberikan kepada masyarakat kadang-kadang tidak ditanggapi sebagaimana mestinya.
7. Ada pihak-pihak yang kurang peduli dalam masalah-masalah bantuan sosial.

Masalah sosial merupakan masalah bersama. Sehingga dibutuhkan kerja sama yang erat antara semua pihak. Tidak mungkin pemerintah dalam menyelesaikan semua masalah sosial tanpa dukungan dari masyarakat.
Demikian pula sebaliknya, masyarakat juga tidak dapat melakukan upaya penyelesaian sendiri tanpa ada dukungan pemerintah.

1. Masalah sosial merupakan masalah yang terjadi di masyarakat.
Masalah sosial merupakan kondisi masyarakat yang tidak normal atau tidak semestinya.
2. Masalah sosial terjadi karena faktor ekonomi, kepribadian, lingkungan masyarakat dan negara.
3. Bentuk-bentuk masalah sosial antara lain kebodohan, pengangguran, kemiskinan, kejahatan, pertikaian dan kenakalan remaja.
4. Pemerintah telah melakukan berbagai upaya untuk menyelesaikan masalah sosial, antara lain : pemberian kartu Askes, raskin, dana BOS, BTL, sekolah terbuka, pendidikan luar sekolah, pemberian bantuan modal usaha.
5. Upaya mengetasi masalah sekolah perlu melibatkan berbagai pihak baik individu, kelompok masyarakat, pengusaha, organisasi sosial baik di dalam dan luar negeri.
6. Upaya mengatasi masalah seringkali menemui hambatan seperti tidak tepat sasaran, petugas yang menyalahgunkan serta kurangnya kerjasama dengan masyarakat.

0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE