[iklan]

Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Ekonomi

Berikut ini adalah bagian dari penyelesesain tugas yang telah dibuat oleh Amnan untuk sekolahnya di Sidoarjo. Tugasnya adalah mencari artikel dan gambar mengenai Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Ekonomi. Soal selengkapnya adalah 1. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Sosial Politik; 2. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Ekonomi 3. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Pertahanan dan Keamanan Negara; 4. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Beragama.
Tugasnya dengan cara mencari tulisan atau atikel dari internet. Jadi sebagian besar dari tulisan di posting ini memang adalah copy paste dari tulisan lain. Semoga berguna bagi pengunjung, dan pencari jawaban untuk tugas PR atau pekerjaan rumah. Juga bisa sebagai catatan untuk dibuka lagi saat memerlukan di lain waktu.

2. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Ekonomi
Dalam kehidupan ekonomi kerja sama digambarkan pada pasal 23A UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berbunyi, ”Pajak dan pungutan lain yang bersifat memaksa untuk keperluan negara diatur dengan undang-undang.”

Pajak digunakan oleh negara untuk membiayai pembangunan nasional. Dengan demikian pembangunan nasional untuk kesejahteraan dan kemakmuran rakyat dibiayai dari pajak. Setiap wajib pajak secara bergotong royong membiayai pembangunan nasional melalui pajak yang dibayarkannya.

Kemudian pada pasal 33 ayat 1 UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 menyatakan ”Perekonomian disusun sebagai usaha bersama berdasarkan asas kekeluargaan”. Hal ini berarti dalam kegiatan usaha ekonomi digunakan prinsip kerjasama, saling membantu dalam suasana demokrasi ekonomi untuk mencapai kesejahteraan bersama secara adil.

khimar-anak-ruffle.html
Wujud badan usaha yang diharapkan dalam pasal ini adalah koperasi. Sebagai badan usaha, koperasi beranggotakan orang-orang dan badan hukum dengan berlandaskan prinsip kerja sama dan kekeluargaan. Gotong royong dan kekeluargaan merupakan salah satu asas koperasi. Asas kekeluargaan mencerminkan adanya kesadaran manusia untuk melaksanakan kegiatan koperasi oleh, dari, dan untuk semua anggota di bawah kepengurusan koperasi.

Dalam gotong royong membangun perekonomian nasional tersebut terdapat semangat kekeluargaan, kerja sama antaranggota dan tanggung jawab bersama untuk memajukan kesejahteraan anggota dan masyarakat. Keunggulan Koperasi dibandingkan dengan badan usaha lainnya adalah sebagai berikut.
1.    Dasar persamaan artinya setiap anggota dalam koperasi mempunyai hak suara yang sama;
2.    Persatuan, artinya dalam koperasi setiap orang dapat diterima menjadi anggota, tanpa membedakan, agama, suku bangsa, dan jenis kelamin;
3.    Pendidikan, artinya koperasi mendidik anggotanya untuk hidup sederhana, tidak boros, dan suka menabung;
4.    Demokrasi ekonomi, artinya imbalan jasa yang disesuaikan dengan jasa masing- masing anggota berdasarkan keuntungan yang diperoleh; dan
5.    Demokrasi kooperatif artinya koperasi dibentuk oleh para anggota dijalankan oleh anggota dan hasilnya untuk kepentingan anggota.

3 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE