[iklan]

Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Sosial Politik

Berikut adalah hasil tugas yang dibuat oleh Amnan dengan dibantu oleh Afandi. Tugasnya adalah mencari tulisan dan gambar mengenai 1. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Sosial Politik; 2. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Ekonomi 3. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Pertahanan dan Keamanan Negara; 4. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Beragama.
khimar-anak-ruffle.html
1. Kerjasama dalam Bidang Kehidupan Sosial Politik

Landasan kehidupan sosial politik masyarakat Indonesia adalah sila keempat Pancasila yang berbunyi ”Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmat kebijaksanaan dalam permusyawaratan/perwakilan”. Perilaku politik harus didasari nilai hikmat, kebijaksanaan, permusyawaratan dan perwakilan. Sila keempat Pancasila pada prinsipnya menegaskan bahwa bangsa Indonesia akan terus memelihara dan mengembangkan semangat bermusyawarah dalam perwakilan.

Bangsa Indonesia akan tetap memelihara dan mengembangkan kehidupan demokrasi. Dalam bidang politik contoh kerjasama juga dapat ditemui dalam
  1.     Tingginya partisipasi masyarakat dalam pemilihan kepala desa, pemilihan DPR, pemilihan presiden dan kepala daerah.
  2.     Dalam bidang politik kerjasama juga ditunjukan ketika bergotong royong mendirikan tempat pengumutan suara, membantu mengamankan jalannya pengumutan suara, dan lainnya
Dalam bidang sosial kerjasama banyak ditemukan di kelompok-kelompok masyarakat Indonesia atau suku-suku bangsa Indonesia. Misalnya kegiatan gotong royong dapat terlihat dalam kegiatan-kegiatan sebagai berikut:
  1.   Waktu ada peristiwa kematian atau kecelakaan, dimana warga datang untuk memberi pertolongan dan bantuan yang dibutuhkan.
  2.     Ketika seluruh warga bekerja untuk mengerjakan pekerjaan yang sifatnya untuk kepentingan umum seperti memperbaiki jalan desa, lumbung desa dan lain-lain.
  3.     Ketika seorang warga desa mengadakan pesta (hajatan) tetangga berdatangan untuk membantu biasanya kegiatan ini dinamakan sambatan
  4.     Pada waktu-waktu tertentu yaitu saat membersihkan makam, biasanya ketika akan memasuki bulan puasa warga bergotong-royong membersihkan makam.
  5.     Ketika seorang warga akan membongkar atap rumah atau mendirikan rumah baru para tetangga berdatangan membantu, kegiatan ini dinamakan sambatan.
  6.     Ketika kegiatan yang berhubungan dengan pertanian, baik memperbaiki saluran air, menanam benih palawija, maupun kegiatan panen.
  7.     Ketika ada keperluan desa, misalnya pekerjaan yang menjadi tugas kepala desa namun penduduk turun membantunya atau disebut dengan kerigan.
Dinamika Gotong Royong
Bangsa Indonesia adalah bangsa yang beragam.  
Gotong royong berarti bekerja bersama-sama untuk
mencapai suatu hasil yang didambakan
Bentuk gotong royong dalam masyarakat Indonesia  
  1.     Manunggal sakato di daerah Sumatra Barat
  2.     Sikaroban di daerah Palembang
  3.   Gugur gunung di daerah Jawa
  4.     Mapalus di Minahasa
  5.     Subak di daerah Bali.
0 komentar


. . .
 
© 2011 - | Buku PR, TUGAS, dan Catatan Sekolah | www.suwur.com | pagar | omaSae | AirSumber | Bengkel Omasae, | Tenda Suwur | Versi MOBILE